Rabu, 18 Desember 2013

Merubah Resolusi Layar Android

Android punya resolusi layar yang hampir sama dengan laptop, cuma bedanya Android nggak mengijinkan kamu buat mengubah resolusinya. Tapi karena Android ini sistem operasi yang bebas diutak-atik, maka ada saja cara orang untuk membuat hal itu jadi mungkin. Kamu bisa mengubah resolusi layar asal asal Android kamu udah di-root.

Ada sebuah aplikasi bernama Resolution Changer, kamu bisa coba yang gratis dulu kalo masih ragu dengan kemampuannya. Selain mengubah resolusi, aplikasi ini juga bisa mengubah DPI (Dots Per Inch) atau banyaknya pixel dalam satu inch persegi.

Aplikasi ini juga bisa digunakan untuk tablet dan smartphone dan tersedia 3 tipe rasio ukuran layar, yaitu 16:10, 16:9, dan 15:9, tapi misalnya mau coba bikin resolusi sendiri bisa juga koq, tapi nggak disarankan sih. Soalnya resolusi layar emang udah ada standardnya.

resolusi-1

Saya sarankan jangan terlalu ekstrim mengubah resolusinya, soalnya nanti jadinya malah jelek. walaupun perbandingan layarnya tetap proporsional tapi kemampuan hardware layar itu sendiri kan juga mempengaruhi. Kalo kamu paksa dengan resolusi paling tinggi dan hardware nggak kuat jadinya pecah-pecah dan tulisan nggak bisa dibaca. Layar beresolusi tinggi emang harusnya DPInya dinaikkan biar teksnya tetap terbaca.

Karena ini bersifat pemaksaan, hasilnya sebenarnya juga nggak terlalu bagus dan nggak bagus juga buat kesehatan hardware. Saya udah coba dengan menaikan resolusi dan DPI cukup tinggi, layar berkedip-kedip mengkhawatirkan.

nt: pastikan backup sistem/file dulu dengan cwm


Tidak ada komentar:

Posting Komentar